Monday, April 3, 2017

KKN Lyfe; PHBS


PHBS alias Pola Hidup Bersih dan Sehat merupakan salah satu proker penunjang kami. Well, kalo dilihat-lihat sih emang proker PHBS ini pasti ada di setiap tempat KKN ya. Siapa lagi sasarannya kalo bukan adik-adik Sekolah Dasar hehe. Kemudian biasa kan, setiap mejalankan suatu proker pastilah ini merupakan suatu kerja tim dan harus ada pembagian kerja sesuai dengan proporsi dan kemampuannya masing-masing. 

Dan seperti biasa! Kali ini saya bersuka rela menjadi... Jeng Jeng Jengggg!!!! Kakak seksi mencuci tangannnn hehe alasan sebenernya karena males aja sih kalo disuruh orang lain utk ngerjain apa gitu, jadi sebelum disuruh mendingan kita sendiri yang inisiatif kan hehe.


Padahal gue juga kalo cuci tangan juga ga gitu-gitu amat sih, but I consider myself as an enough of a self-conscious person about the germs around me lol. Jadilah sebelum praktek gue googling dulu mengenai step-step mencuci tangan yang baik dan benar sesuai standar kebersihan oleh Detol haha (ya, it's not a sponsored post but we used Detol anw lol).


Seperti kakak-kakak pada umumnya, gue menyapa adik-adik ini sambil memberikan pemahaman mengenai kenapa sihhh kita harus cuci tangan? Terutama sebelum makan dan setelah PUP.. (ya.. pup hobby saya....) Sebelum adik-adik ini praktek, saya mencontohkan dulu step-step dan bagaimana mencuci tangan yang benar (sampe tangan saya abis dicuci terus krn ada berapa kloter adik-adik wkw :')). Setelah itu baru deh adik-adik ini juga mencoba sendiri bagaimana mencuci tangan yang benar.


Emang mencuci tangan yang benar gimana sih mbak?
Dasar kalian ya, yaudah karena mbak baik, mbak kasih tau nih yaaa
Pertama, basahi dulu tangan kalian, lalu ambil sabunnya. Ingat satu tetes aja cukup ya.
Setelah itu jangan dialiri air krn nanti sabunnya kebuang wkwk
Setelah dikasih sabun lalu digosok-gosok tangannya,
mulai dari telapak tangan, sela-sela jari kemudian punggung tangan
jangan lupa kuku-kukunya juga digosok
Setelah dirasa cukup, baru dibilas dengan air bersih yang mengalir
sampai busa di tangan hilang. 
Kemudian kinclong la suda tangan kalean hehe.


 Suda kinclong kah adik-adik? Sini kakak tengok bentar la.

Nah PHBS ini sendiri pun sebenarnya dibagi jadi beberapa pos, pos pertama yaitu di kelas. Sambil nunggu giliran adik-adik ini dikasih informasi mengenai pola hidup bersih dan sehat melalui video interaktif dan juga kakak-kakak yang stand by di kelas. Kemudian pos kedua adalah mencuci tangan di mana saya yang jaga, dan setelah itu ada pos menyikat gigi. Disitu adik-adik ini dibagikan sikat dan pasta gigi masing-masing kemudian mempraktekkan bagaimana menggosok gigi yang benar.

Sekian dari Proker PHBS hehe.

*courtesy by sie. Doku (Mbak Swes) wkwk

No comments:

Post a Comment