Thursday, March 16, 2017

KKN Lyfe; MIM Lyfe

Hari Pertama Perkenalan di MIM Pilang

Jadi ceritanya, yang namanya KKN kan pengabdian, ya bentuk pengabdian itu salah satunya mengajar di SD dan tiap malam kita juga membuka bimbingan belajar di Posko, terutama untuk anak-anak di daerah sekitar posko kita, which is RT 21. Dan karenanya lagi bapak posko kita alias Pak Shodiq ialah kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah Pilang, kita pun diminta untuk mengisi kelas di MIM Pilang ini, hehe. 




 
Gedung sekolah MIM Pilang
MIM Pilang sendiri terdiri dari 6 kelas, yaitu kelas 1 sampai kelas 6 yang di mana setiap tingkatnya terdiri dari satu kelas yang berisi 30-an anak sepertinya. Sebenernya proker (alias program kerja)  pertama kita juga terletak di MIM Pilang, yaitu Pengadaan Taman Baca yang di mana kita memanfaatkan Perpustakan MIM Pilang yang udah ada untuk kita bersihkan dan rapihkan dan kemudian menambahkan buku-buku yang sekiranya bermanfaat, (jadi gitu pemirsa..)


Awalnya mahasiswa KKN ditanya dari pihak sekolah, kira-kira sanggup mengajar mata pelajaran apa saja, kemudian karena dari kelompok kita ada 2 orang yang dari Fakultas Keguruan jadi mereka menawarkan. Jadinya tiap Senin pagi mengajar Bahasa Jawa dan setiap Jumat pagi mengajar Bahasa Inggris, tapi di hari-hari saat kita lowong juga diminta tolong untuk mengajar di kelas yang kosong, seperti kadang matematika, ppkn, olahraga.


Tidak lupanya lagi, sebagai sosok yang patut diteladani dan memberikan contoh yang baik, kami mahasiswa KKN diembani tugas sebagai petugas upacara agar memberikan contoh bagaimana menjadi petugas upacara yang baik bagi adik-adik di MIM Pilang. Dan tentu saja, saya dengan suara cempreng saya excited dan volunteer menjadi, jeng jeng jeng....

Petugas Pembaca Pembukaan UUD 1945 *evil laugh
Dan yang di sebelah saya itu Riski (saya sama Riski kaya sebaya ya hehe) dan dia bertugas sebagai Pembaca Janji Pelajar Muhamadiyah krn dari mahasiswa KKN ngga ada yang bisa hehe ..... (oke). Sebenernya sempet gugup meskipun jadi petugas upacaranya cuma dihadapan anak SD tapi tetep aja, gugup karena berarti harus memberikan contoh yang terbaik demi adik-adik ini supaya nanti pas dicontoh ngga salah, hehe. Setelah selesai baca dan kembali ke tempat udah langsung lega sih, hehe. Dan sempet seneng juga karena di notice pembina upacaranya kl bacanya udah sesuai (ha ha ha ....padahal mah...) yaa Alhamdulillah ya.


Kita juga sebenernya ada proker PHBS alias Pola Hidup Bersih dan Sehat di MIM Pilang yang diikuti oleh adik-adik kelas 1 MIM Pilang, tapi karena daripada post-nya kebanyakan jadi sepertinya akan dipisah saja hehe.
Jadi ya seperti itulah kurang lebih kegiatan kami di MIM Pilang. Selebihnya kita istirahat di ruang tamu kepala sekolah, duduk, wifi-an, jajan jajanan SD, bercanda dan main sama anak-anak dan kalau sudah selesai hari itu kami balik ke posko dan mengerjakan proker lainnya. Yey.


written by, Ela Amna.

No comments:

Post a Comment